Tampilan Visitor Website JCC [part 2]

Menu Title

Menu title harus dapat memberikan konteks yang sama dengan pilihan yang sedang diakses. Dan sebuah title harus dapat mencerminkan menu yang dipilih sebelumnya juga.

Permasalahan Menu Title yang dijumpai :

Gambar 2.1

  • Menu title tidak mengalami perubahan teks di setiap halaman yang diakses.
    Contoh : saat mengakses sebagai visitor dapat kita lihat bahwa title tetap dengan tulisan Balai Sidang Jakarta Convention Center.


Solusi dari permasalahan di atas :

  • Sebaiknya jika berpindah halaman dari tampilan awal dapat diberikan judul dari halaman tersebut dengan tetap mengikutsertakan halaman sebelumnya atau dapat disingkat dari menu title di atas menjadi “:: JCC – location ::”. Jika sub menu lebih baik hanya menampilkan nama dari halaman yang dikunjungi saja.

Menu Bar

Berfungsi untuk mengenali, menyediakan akses secara umum, dan seringkali digunakan sebagai perpindahan dari suatu halaman ke halaman yang berbeda.

Permasalahan Menu Bar yang dijumpai :

Gambar 2.2

  • Terdapat link pada setiap halaman yang bertujuan sebagai penjelasan yang lebih spesifik dari menu web yang ditampilkan.
  • Peletakan home yang tidak wajar.

Solusi untuk permasalahan di atas :

  • Sebaiknya ditampilkan dengan dynamic menu / folded menu. Selain lebih rapi
    dan juga agar pengguna dapat melihat dengan jelas.
  • Umumnya home ditempatkan pada bagian kiri dari menu bar website. Karena
    telah menjadi konvensi umum.

    Gambar 2.3

Text image

Text image biasanya digunakan oleh pengembang web untuk membuat tombol. Text image biasanya juga digunakan untuk membuat font-font yang tidak standar di web browser sehingga hal-hal yang berkenaan dengan browser compatibility dapat diatasi. Walaupun penggunaan text image dapat mengatasi masalah browser compatibility, penggunaan text image menimbulkan beberapa masalah, antara lain :

  1. File gambar dapat menyebabkan pembengkakan ukuran file. Sebagian besar pengguna web di dunia masih menggunakan koneksi dial-up dan tidak sabar jika loading dari web yang dibuka sangat lambat. Hal ini menyebabkan pengguna akan meninggalkan web sebelum loadingnya selesai.
  2. Teks berbasis gambar tidak dapat diakses dengan menggunakan fitur searching.
  3. Teks berbasis gambar tidak dapat dipilih sehingga pengguna tidak mungkin melakukan copy and paste.
  4. Teks berbasis gambar tidak dapat diubah ukurannya, padahal sebagian pengguna melakukan perubahan ukuran pada browsernya agar lebih mudah membaca informasi yang ada di web.
  5. Screen reader tidak dapat membaca teks yang berbasis teks.
  6. Informasi yang ditampilkan dengan menggunakan teks berbasis gambar tidak akan muncul jika pengguna mematikan pilihan load image pada browsernya. Sebagian pengguna mematikan pilihan load image karena alasan koneksi. Jika image tidak diload maka halaman web akan ditampilkan lebih cepat dan bandwidth yang digunakan akan jauh lebih hemat; terutama untuk pengguna yang mengakses web dengan koneksi yang mengharuskannya membayar per- kb terhadap bandwidth yang digunakannya.

Permasalahan text image yang dijumpai :

  • Menu bar dan teksnya memakai gambar. Teks tidak diinput dengan HTML (Gambar 2.2).

Solusi untuk permasalahan di atas :

  • Sebaiknya menu bar dan text tidak dijadikan sebuah image. Text ditulis dengan HTML. Ini dimaksud untuk menghindari bagi para pengguna yang tidak ingin menampilkan image ketika sedang berkunjung ke situs ini. Sehingga pengguna tidak kehilangan navigation dalam melakukan browsing ataupun mencari tujuannya.

Fonts

Gunakanlah font yang umum, sederhana, dan wajar. Dan pilihlah ukuran font minimal 12 atau 14 points. Dan gunakan font yang proporsional.
Permasalahan Font yang dijumpai :

  • Font yang diberikan terlalu kecil dan jenis font yang digunakan tidak umum sehingga terlihat kurang jelas. Ini akan berakibat kepada pengunjung dewasa yang umurnya 30 tahun ke atas akan kesulitan untuk melihat dan membaca menunya (Gambar 2.2). lebih jelasnya klik disini.

Solusi untuk permasalahan di atas :

  • Pengembang web ini sudah memberikan pop-up di setiap link yang ada. Sebaiknya menggunakan ukuran minimal dari font 12 atau 14 points dan memilih jenis font yang mudah dibaca, umum, sederhana seperti jenis sherif ataupun sans-sherif. Dianjurkan untuk lebih memilih tipe sans-sherif.

Breadcrumbs

Breadcrumbs digunakan untuk menginformasikan kepada pengguna mengenai posisi mereka saat ini. Dengan menggunakan breadcrumbs, pengguna juga dapat menelusuri path yang telah

Gambar 2.4

dilaluinya sampai berada di posisi saat ini sehingga pengguna dengan mudah dapat kembali ke halaman sebelumnya. Pada web ini tidak terdapat breadcrumbs. Breadcrumbs memang kurang dibutuhkan pada web ini karena setiap page rata-rata hanya memiliki jarak path satu klik dari halaman utama. Lalu, bagaimana pengguna mengetahui dimana posisinya sekarang? Pengembang web ini membuat judul pada setiap halaman sehingga pengguna bisa mengetahui dimana posisinya sekarang.
Permasalahan Breadcrumbs yang dijumpai :

  • Pemberian judul pada setiap link yang di klik akan terasa sulit jika kedalaman sudah lebih dari 2. Jika pengguna membuka halaman event space ? link ke room capacity chart. Dimana room capacity chart adalah sebuah link yang berhubungan sebelumnya dengan halaman venue map. Di halaman tersebut terdapat link Venue Map – Main Lobby dan terdapat dua link yang sama karena ada dua gambar pada halaman tersebut.

Gambar 2.5

Solusi dari permasalahan di atas :

  • Sebaiknya (Gambar 2.4 kotak merah) yang sudah ditandai dipindahkan menjadi breadcrumbs dan breadcrumbs dari tiap halaman dapat di klik. Kira-kira perubahan yang dimaksud seperti pada Gambar 2.5.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: